Analisis Kebutuhan Hardware dan Software windows server



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjzlvPXjaB6i4GVLmDRRxpJVjs1HoCJEQoOdZ03ub3jetkFqDiOVN51NQeEFvu4KRfDug6WNiGC-pY91ltyr5csdtSSeZrVtgGeVhl7qUpWPijPqvjEG1WNHNgNVt-VGY0JWw1oPOdoponV/s1600/s.png


Tujuan


Dapat mengetahui sejarah windows server 2008
Dapat mengetahui pengertian windows server 2008
Dapat mengetahui spesifikasi hardware dan software untuk keperluan windows server 2008
Dapat mengetahui pengertian windows7
Dapat mengetahui spesifikasi hardware dan software untuk keperluan windows7


Kosep Dasar


Pengertian windows server 2008


Windows Server 2008 adalah sebuah versi baru Windows Server, yang dirilis pada tanggal 27 Februari 2008. Pada saat pengembangannya, Windows Server memiliki nama kode “Windows Server Codenamed Longhorn.” Windows Server 2008 adalah nama sistem operasi untuk server dari perusahaan Microsoft. Sistem server ini merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang disebut Windows Server 2003. Windows Server 2008 dibangun di atas beberapa keunggulan teknologi dan keamanan yang pada awalnya diperkenalkan dengan Windows Vista, dan ditujukan agar bisa lebih modular secara signifikan, ketimbang pendahulunya, Windows Server 2003. Windows Server 2008 dikembangkan dari Windows Server 2003 R2 yang sudah terbukti cukup andal dan aman, untuk membantu meringankan tekanan tersebut, dengan mengotomatisasikan tugas pengelolaan harian, memperketat pengamanan, meningkatkan efisiensi dan keandalan sistem.


Fitur utama yang menjadi keunggulan Windows Server 2008 ini adalah penyederhanaan tugas administrasi, karena riset internal Microsoft, sekitar 70 persen anggaran belanja TI dihabiskan untuk tugas pengelolaan harian.


Kelebihan Windows Server 2008:


  • Windows Server 2008 mampu mengatur besar bandwidth yang dapat dipakai setiap aplikasi maupun komputer yag terhubung ke jaringan.
  • Server juga dapat mengatur setiap akses identitas ke jaringan agar aman dan praktis dengan adanya fitur read only domain controller.


  • Lebih aman dalam mengendalikan laju informasi


Kekurangan Windows Server 2008:
  • Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.


Spesifikasi Hardware untuk windows server 2008


Prosesor
Spesifikasi prosesor minimum yang digunakan adalah 1 GHz (x86 processor) atau 1.4 GHz (x64 processor). Sebagai catatan, Prosesor Intel Itanium 2 dibutuhkan secara khusus untuk instalasi Windows Server 2008 untuk sistem yang berbasis Itanium.


Memori (RAM)
Kapasitas memori minimum yang dibutuhkan untuk Windows ini adalah 512 MB RAM. Maksimum RAM untuk sistem 32-bit adalah 4 GB (Standard) atau 64 GB (Enterprise dan Datacenter). Sedangkan maksimum memori untuk sistem 64-bit adalah 8 GB (Foundation), 32 GB (Standard) atau 2 TB (untuk Enterprise, Datacenter, dan sistem berbasis Itanium).


Kapasitas Harddisk
Kapasitas harddisk minimum untuk sistem 32-bit membutuhkan 20 GB (atau lebih) sedangkan untuk sistem 64-bit membutuhkan 32 GB atau lebih. Sistem Foundationmembutuhkan minimal 10 GB. Sebagai catatan, untuk komputer dengan RAM lebih dari 16 GB membutuhkan banyak disk space untuk keperluan paging, hibernation, dan beberapa keperluan lainnya.


Display
Kebutuhan display minimal adalah menggunakan Super VGA (800 × 600). Tetapi tentu saja untuk kinerja yang lebih baik, Anda dianjurkan menggunakan monitor dengan resolusi yang lebih tinggi.


Aplikasi yang dibutuhkan untuk windows server 2008


File server
File Server fungsinya sebagai media layanan transfer berbagai jenis file, baik audio maupun video dan dokumen, File server bisa berarti komputer yang digunakan untuk menampung data-data yang dimiliki oleh sejumlah client.Kapasitas penyimpanan server tersebut juga tergantung dari kapasitas HDD yang dimiliki oleh server tersebut.


DatabaseServer 
Server Database,seperti namanya.Server ini melayani servis bagi client yang membutuhkan layanan penyimpan database. Dalam server database tersebut,bisa berisi ratusan ataupun ribuan database dari banyak User. Biasanya database tersebut di kelompokan atau disimpan per-user yang memakai database tersebut.Agar tidak terjadinya pencurian data.


Web server
Web Server adalah sebuah software yang melayani permintaan berupa https dari pc/client yang terhubung dalam jaringan (internet/intranet) dan memberikan suatu hasil berupa halaman-halaman web yang ditampilkan dalam web browser. Web server menggunakan port 80.


Berikut jenis-jenis Web server:
1. Apache Web server – the HTTP web server
2. Apache Tomcat
3. Microsoft Windows server 2003 Internet Information Service (IIS)
4. Light HTTP
5. Jigsaw
6. Sun java system web server
7. Xitami web server
8. Zerus web server


Mail server
Mail server mempunyai peran untuk melayani client dalam hal mail surat . Surat dalam hal ini,client bisa mengirimkan pesan ke client yang lain,yang dimana surat tersebut bisa di simpan dalam server mail itu juga. Selain sebagai tempat untuk menyimpan surat,server mail juga menyediakan layanan pelengkap mail servis sebagai web interface untuk memudahkan client menulis surat dan mengorganisir surat yang di punya client .


Print Server
 Server ini bisa digunakan untuk pusat layanan percetakan (print) bagi client. Dengan adanya server ini, segala aktivitas “print” bisa dilakukan secara bersama dan menghemat biaya hardware karena meskipun terdapat satu printer, printer tersebut bisa digunakan oleh banyak komputer.


DHCP
(Dinamic Host Configuration Protocol) Server fungsinya menangani pengalaman IP address untuk seluruh user didalam jaringan secara otomatis.


Administration and Management server
Member Login dicapai oleh notaris Password dan Username dapat membandingkan mereka. Dengan semua nama pengguna dan password untuk mereka. Juga dapat mengendalikan semua perangkat dan mengidentifikasi program yang harus bekerja dan juga dapat membatalkan layanan tertentu di salah satu workstation. Ia juga dapat menutup atau membuka aplikasi pada komputer yang berkuasa penuh dalam jaringan.


Wide Area Information Server (WAIS)
Wide Area Information Server (disingkat menjadiWAIS) adalah sebuah  sistem pencarian dan pembukaan dokumen di Internet yang berbasis system operasi UNIX yang dapat digunakan untuk mencari dokumen pada lebih dari 500 pustaka WAIS (yang disebut sebagai WAIS Library) di Internet seperti halnya Project Gutenberg (situs buku elektronik gratis), dengan menemukan berkas-berkas yang telah diindeksasi yang cocok dengankeyword (kata kunci) yang dimasukkan oleh pengguna. WAIS juga dapat digunakan sebagai mesin pencari (search engine) dalam sebuah situs web individual. 8. Mail server


Pengertian windows7

Windows 7 adalah versi windows terakhir yang menggunakan menu start yang menggantikan versi windows sebelumnya, Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista Presentasi Microsoft tentang
Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbaryang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7; kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis


Kelebihan/ keunggulan Windows 7 :
  • Proses Booting dan proses Shut Down lebih cepat. Booting delay time,  waktu durasi booting lebih cepat
  • Hemat Konsumsi daya,sehingga windows 7, lebih stabil jika dibandingkan dengan windows vista      
                       
Kekurangan/ kelemahan Windows 7:
  • Terdapat beberapa program/ aplikasi belum bisa beroperasi di Windows7
  • Pada Windows Player 12Terjadi Bug
  • Terdapat hardware yang langsung bisa dikenali di Vista, namun tidak bisa dikenali di Windows 7


Spesifikasi Hardware untuk windows7 (client)


Arsitektur
32-bit
64-bit
Kecepatan Processor
1 Ghz 32-bit
1 Ghz 64-bit
RAM
1 GB
2GB
Hardisk
Minimal 16 GB
Minimal 20GB
Pembatasan memori
Windows 7 tidak bisa digunakan dengan jumlah memori yang terpasang melebihi kemampuannya. Jumlah ini berbeda di setiap versi Windows 7, dan juga berpengaruh pada arsitektur yang dipakai (apakah 32-bit atau 64-bit).
Pembatasan memori pada Windows 7

Versi
Pembatasan pada 32-bit
Pembatasan pada 64-bit
Windows 7 Ultimate
4 GB
192 GB
Windows 7 Enterprise
4 GB
192 GB
Windows 7 Professional
4 GB
192 GB
Windows 7 Home Premium
4 GB
16 GB
Windows 7 Home Basic
4 GB
8 GB
Windows 7 Starter
2 GB
(tidak ada versi 64-bit)


Aplikasi yang dibutuhkan oleh windows7
1.    Adobe reader
2.    Microsoft office
3.    Antivirus
4.    Web browser
5.    Media player
6.    winRar/winZip
7.    tuneup utillities
8.    Adobe flashplayer
9.    Nero


Kesimpulan
Kesimpulannya menurut penulis adalah dimana suatu untuk pembuatan server dibutuhkan client , karna tanpa client server tidak akan berjalan begitu pula sebaliknya , disini penulis menggunakan windows server 2008 sebagai server dan windows7 sebagai client. Selain system operasinya harus jelas namun juga spesifikasi nya harus jelas karena untuk dijadikan sebagai server mempunyai spesifikasi-spesifikasi yang berbeda dengan yang diperlukan client.


Selesai.. terimakasih


0 komentar to "Analisis Kebutuhan Hardware dan Software windows server "

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Daily

Shiny Flashy Blue Matrix

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Web hosting for webmasters